.

Monday, September 3, 2012

Laptop/Notebook impian


Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah notebook gaming? Tentu di antara Anda ada yang menginginkan notebook seperti ini. Salah satu keuntungan memiliki notebook gaming adalah dapat menyalurkan hobi bermain game di mana saja. Apalagi bagi gamer yang gemar melakukan “LAN Party” dengan gamer lainnya. Tentunya membawa sebuah notebook gaming akan lebih ringkas daripada membawa sebuah komputer desktop, bahkan yang sudah berukuran kecil sekali pun.
Dalam memilih notebook gaming, salah satu komponen yang harus mendapatkan perhatian adalah graphics card. Hal ini wajar karena komponen inilah yang menentukan game apa saja yang bisa dimainkan dan senyaman apakah game saat Anda mainkan. Selain itu, sudah menjadi tradisi jika graphics card berkinerja tinggi (terutama graphics card notebook) identik dengan harga yang tinggi pula. Oleh karena itu, tidak aneh jika sebuah notebook gaming dijual dengan harga tidak murah.

Di ajang Computex 2011 yang lalu, NVIDIA baru saja merilis graphics card notebook bernama NVIDIA GTX 560M. Graphics card notebook kelas mainstream yang dipersenjatai chip GF116 ini tentu saja hadir untuk mewujudkan sebuah notebook gaming yang tidak hanya bertenaga namun juga memiliki harga yang terjangkau. Kali ini kami akan memperlihatkan kepada Anda kinerja NVIDIA GTX 560M dalam menghadapi berbagai game terbaru terutama game berbasis DirectX 11.

NVIDIA GTX 560M

Spesifikasi


NVIDIA GTX 560M menggunakan chip GF116. Chip ini merupakan turunan dari chip generasi sebelumnya, GF106. Chip GF116 telah dioptimalisasi oleh NVIDIA sehingga memiliki performance/Watt yang lebih baik dibandingkan chip GF106. Hasilnya, clock GPU lebih tinggi dibandingkan chip GF106.
Secara teknis, selain clock GPU, spesifikasi chip GF106 dan GF116 tidak jauh berbeda. Chip GF116 pada NVIDIA GTX 560M tetap dilengkapi dengan 192 CUDA Cores dan 24 buah ROP unit. Sedangkan memori yang digunakan adalah tipe GDDR5 dengan clock 2500 MHz (efektif) dengan kapasitas hingga 1536 MB.
Jika kita bandingkan dengan graphics card desktop, NVIDIA GTX 560M memiliki spesifikasi chip yang mirip dengan graphics card NVIDIA GTX 550 Ti, kecuali di spesifikasi clock. Apalagi kedua graphics card ini menggunakan chip dengan codename yang sama yaitu GF116.

NVIDIA GTX 560M Feature

  • Microsoft DirectX 11
  • NVIDIA 3DVision
  • NVIDIA Optimus
  • NVIDIA SLI
  • NVIDIA PhysX
  • NVIDIA CUDA
  • NVIDIA PureVideo HD
  • 32x Anti Aliasing
  • PCI Express 2.0

Platform Pengujian



Untuk pengujian kali ini, kami akan menggunakan NVIDIA GTX 560M yang terpasang di notebook gaming teranyar dari MSI yaitu MSI GT780R. Ulasan lebih mendalam tentang MSI GT780R sendiri dapat Anda simak di artikel kami selanjutnya.

Spesifikasi notebook ini tertera di tabel di atas.

Karena MSI GT780R menggunakan NVIDIA GTX 560M dengan spesifikasi clock lebih tinggi, pengujian kali ini akan dilakukan di dua kondisi. Kondisi pertama adalah dengan menggunakan clock reference NVIDIA GTX 560M sebesar 775 MHz, sedangkan kondisi kedua adalah dengan menggunakan clock NVIDIA GTX 560M di MSI GT780R sebesar 813 MHz.

0 comments:

Post a Comment