.

Friday, March 9, 2012

ALAT-ALAT COMPUTER DARI GIGABYTE

Review Gigabyte GeForce GTX 590: VGA High-End dengan Kemasan Unik nan Mewah


Saat ini, di antara sekian banyak varian chip GF1XX yang berbasiskan arsitektur Fermi, chip GF110 merupakan chip GPU NVIDIA yang memiliki spesifikasi paling tinggi. Chip GF110 sendiri digunakan di graphics card NVIDIA GTX 580 yang sampai saat ini masih menyandang predikat sebagai graphics card single-GPU terkencang. Setelah kesuksesan GF110 di NVIDIA GTX 580, NVIDIA kembali mempercayakan chip ini sebagai otak dari graphics card terbaru sekaligus terkencang dari NVIDIA yaitu NVIDIA GTX 590.
NVIDIA GTX 590 merupakan graphics card dengan dua buah chip GF110 di dalamnya. Chip GF110 pada NVDIA GTX 590 memiliki spesifikasi yang sama seperti spesifikasi chip GF110 di NVIDIA GTX 580 kecuali di spesifikasi clock-nya. Boleh dikatakan, NVIDIA GTX 590 merupakan graphics card dengan dua buah NVIDIA GTX 580 di dalamnya tetapi dengan spesifikasi clock lebih rendah.
NVIDIA GTX 590 dijual di kisaran harga terendah $699 (harga toko online). Dengan harga tersebut, NVIDIA GTX 590 akan berhadapan langsung dengan AMD HD 6990 yang juga dijual di level harga yang sama. Harga yang ditawarkan memang tergolong tinggi namun tergolong sepadan dengan yang akan gamer dapatkan yaitu menikmati game dengan nyaman di resolusi gambar tertinggi dan kualitas grafik terbaik.
Setelah beberapa minggu berlalu sejak review perdana NVIDIA GTX 590, akhirnya kami dapat kembali menghadirkan review produk retail NVIDIA GTX 590 yang berasal dari produsen Gigabyte. Sebagai produk kelas high-end tertinggi, Gigabyte memberikan penawaran spesial pada produknya kali ini.

Gigabyte GTX 590 (GV-N590D5-3GD-B)

Spesifikasi


Gigabyte GTX 590 yang dipersenjatai dua buah chip GF110 ternyata masih menggunakan spesifikasi yang sama seperti spesifikasi NVIDIA GTX 590 reference, termasuk spesifikasi clock. Anda tidak perlu kecewa dengan spesifikasi clock yang digunakan graphics card ini karena berdasarkan pengamatan kami, sebagian besar produsen yang merilis NVIDIA GTX 590 biasanya masih menggunakan spesifikasi reference.

NVIDIA GTX 590 Feature

  • DirectX 11
  • NVIDIA 3DVision
  • NVIDIA 3DVision Surround
  • NVIDIA SLI (Quad)
  • NVIDIA PhysX
  • NVIDIA CUDA
  • NVIDIA PureVideo HD
  • 32x Anti Aliasing
  • PCI Express 2.0 x16
  • Dual-link DVI-I
  • mini-Display Port


Kemasan dan Paket Penjualan

Sebelum melihat wujud graphics card, mari melihat terlebih dahulu wujud dan desain kemasan produk ini.



Inilah “toolbox”, maaf, kemasan produk Gigabyte GTX 590 (GV-N590D5-3GD-B). Kemasan produk ini memang tergolong unik sekaligus memberi kesan mewah pada produk ini. Apalagi saat ini sudah jarang sekali produsen yang memberikan kemasan seunik ini. Selain itu, kemasan seperti ini memberi keuntungan tersendiri karena mampu memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan kemasan karton di salah satu graphics card dekstop dengan harga termahal.


Setelah melepas dua buah kait di sisi depan yang mengunci “toolbox”, akhirnya kami bisa melihat apa saja yang terdapat di dalam kemasan.


Paket penjualan yang disertakan bersama graphics card terdiri dari:
  • User’s Manual & Multilingual Installation Guide
  • Warranty Card
  • Driver Disc
  • 2x Molex to 8-pin power converter
  • mini-Display Port to Full-size Display Port display converter
  • DVI to D-Sub display converter


Gigabyte M8000X

Selain paket penjualan di atas, Gigabyte juga menyertakan bonus sebuah mouse gaming Gigabyte M8000X.



Spesifikasi dan feature:

  • Superb performance AVAGO 9500 Laser sensor.
  • Programmable sensitivity up to 6000 dpi.
  • Easily adjustable On-the-fly “Up-Down”sensitivity.
  • 32KB GHOSTTM Engine on-board memory supports 45 button assignments with macro editing.
  • Revolutionary GHOSTTM Engine software suite.
  • Ultra-user-friendlyTM drag-and-drop structure user interface.
  • Ultra-accurateTM Perfect Tracking Precision sensing technology.
  • 9 programmable gaming buttons.
  • Ultra-DurableTM Omron 10 million switch life.
  • Ergonomic sweat-proof streamline design.
  • Weight tuning up to 38 grams of adjustable weights.
  • Ultra-DurableTM slick Teflon feet.
  • Gold-plated USB connector.
  • Gaming-grade non-tangle, bending resistant braided Nylon USB cable.


Bersama mouse Gigabyte M8000X disertakan pula:
  • User’s Manual
  • Driver Disc
  • Mouse Feet 1 set
  • Weights Storage

Graphics card




Inilah wujud graphics card Gigabyte GTX 590 (GV-N590D5-3GD-B). Gigabyte GTX 590 masih menggunakan model reference NVIDIA GTX 590, termasuk HSF yang digunakan. Panjang PCB Gigabyte GTX 590 adalah sepanjang 11 inci. Jadi, pastikan casing komputer Anda memiliki ruang yang cukup untuk menampung graphics card ini.



HSF Gigabyte GTX 590 terlihat begitu sederhana dengan satu buah kipas berdiameter 9 cm dengan sembilan buah bilah kipas di bagian tengah. Peletakkan kipas di bagian tengah ditujukan agar setiap chip mendapatkan porsi pendinginan yang sama. Selain itu, desain seperti ini mencegah terjadinya transfer panas antarchip GPU seperti yang terjadi jika kipas terletak di sisi ujung graphics card. Akan tetapi, desain seperti ini bukan tanpa cela. Angin yang berhembus ke sisi kanan kipas akan masuk kembali ke dalam casing komputer yang akan mengakibatkan meningkatnya suhu di dalam casing. Oleh karena itu, siapkan casing dengan aliran udara yang baik sebelum menggunakan graphics card ini.

Melalui lubang inilah udara panas dari graphics card dialirkan kembali ke dalam casing komputer.
Untuk mengukur temperatur kerja graphics card ini, kami pun menjalankan aplikasi Unigine Heaven 2.1 dan mendapatkan hasil seperti ini.


Gigabyte GTX 590

  • Full-load GPU1/GPU2: 81 °C/85 °C (fan speed 56%)
  • Idle GPU1/GPU2: 36 °C/41 °C (fan speed 40%)

Gigabyte GTX 590 dilengkapi dua buah konektor power PCIe 8-pin. Untuk menggunakan graphics card ini, paling tidak Anda harus menggunakan power supply dengan keluaran daya sebesar 700 Watt. Tepat di sebelah konektor power terdapat logo “GeForce” yang akan menyala begitu graphics card ini dinyalakan.



Saatnya merubah posisi graphics card untuk melihat sisi belakang PCB graphics card. Gigabyte GTX 590 menggunakan PCB berwarna hitam, sama seperti warna PCB NVIDIA GTX 590 reference. Di sisi belakang PCB, terdapat dua buah pelat metal terpisah yang bertugas mendinginkan chip GPU dari sisi bawah.

Gigabyte GTX 590 dilengkapi konektor PCIe standar NVIDIA GTX 590 yaitu PCI Express x16 versi 2.0. Anda tetap dapat menggunakan graphics card ini di motherboard yang memiliki slot PCI Express x16 dengan versi berbeda.

Gigabyte GTX 590 dilengkapi sebuah konektor SLI untuk konfigurasi multi-GPU Quad SLI dengan menggunakan, maksimal, dua buah NVIDIA GTX 590.

Gigabyte dilengkapi konektor display standar NVIDIA GTX 590 yang terdiri dari:
  • 3x Dual-link DVI-I connector
  • 1x mini-Display Port connector
Dengan tiga buah konektor display Dual-link DVI-I, Gigabyte GTX 590 dapat menjalankan feature NVIDIA Surround dan NVIDIA 3DVision Surround hanya dengan menggunakan sebuah graphics card.


Platform Pengujian


Hasil Pengujian

Synthetic Benchmark

3DMark Vantage

Setting: Performance Preset; PPU Off
3DMark 11


Setting: Performance Preset
Unigine Heaven 2.1
 



Alien VS Predator

Setting: 1920×1080; DirectX 11; Texture Quality-Very High; Shadow Quality-High; SSAO-On; AF x16; No-MSAA
Crysis Warhead

Setting: 1920×1080; DirectX 10; Enthusiast Mode; No-AA
LEFT4DEAD 2


Setting: 1920×1080; Maximum Quality; AF-Trilinear; No-AA
Metro 2033

Setting: 1920×1080; DirectX 11; Very High; Advance DOF; No-Advance PhysX; AF x16; MSAA x4


Batman Arkham Asylum


Setting: 1920×1080; Quality Preset-Very High; No-AA
Just Cause 2

Setting: 1920×1080; Maximum Quality; V-Sync Off; AF x16; AA x4
Lost Planet 2


Setting: 1920×1080; DirectX 9 & 11; Motion Blur-On; Shadow Detail-High; Texture Detail-High; Rendering Level-High
Resident Evil 5
Setting:  1920×1080; DirectX 10; High Quality; Motion Blur-On; No-AA

Racing Game

DiRT 2

Setting: 1920×1080; DirectX 11; Quality Preset-Ultra; No-AA

Konsumsi Daya



Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri, NVIDIA GTX 590 merupakan single-graphics card terkencang yang dimiliki oleh NVIDIA untuk saat ini. Kombinasi dua buah chip GF110-lah yang memungkinkan NVIDIA GTX 590 memiliki kinerja tinggi. Harga yang ditawarkan memang termasuk tinggi, namun memang sepadan dengan yang didapat.
Gigabyte GTX 590, secara keseluruhan kinerja graphics card ini tidak jauh berbeda dengan kinerja NVIDIA GTX 590 reference karena masih menggunakan spesifikasi clock yang sama. Dengan Gigabyte GTX 590, kini gamer dapat menikmati bermain game dengan mulus (frame rate tinggi) di resolusi gambar tertinggi dengan kualitas grafis terbaik. Apalagi Gigabyte GTX 590 dilengkapi kapasitas memori sebesar 3 GB yang memang diperuntukkan untuk kondisi bermain game seperti itu. Jika melihat hasil pengujian NVIDIA GTX 590 terdahulu, driver terbaru Forceware 270.61 ternyata memberikan kompatibilitas lebih baik graphics card multi-GPU di game dan kinerja yang lebih baik.
Kemasan dan paket penjualan yang digunakan Gigabyte untuk produknya kali ini memang patut diacungi jempol. Daripada menggunakan kemasan karton yang mudah rusak, Gigabyte mengemas graphics card beserta paket penjualan di dalam “toolbox” yang terbuat dari plastik. Tentu saja kemasan ini memberi perlindungan lebih baik. Apalagi yang dilindungi adalah salah satu graphics card desktop termahal.
Paket penjualan yang disertakan pun patut diacungi jempol. Selain memberikan paket penjualan yang umum diberikan, Gigabyte juga memberikan bonus unik berupa sebuah mouse gaming Gigabyte M8000X. Bonus ini tentu saja dapat menghemat pengeluaran user maupun gamer yang membeli produk Gigabyte GTX 590 ini. Apalagi harga mouse ini juga tergolong lumayan jika dibeli terpisah, sekitar $60. Secara keseluruhan, kami merasa puas dengan produk kelas high-end terbaru ini baik dari segi kinerja maupun kemasan dan paket penjualan yang diberikan.
Kelebihan
  • Kencang
  • Kemasan unik
  • Paket penjualan mewah dan berlimpah
  • Bonus mouse gaming Gigabyte M8000X
Kekurangan
  • Harga tergolong tinggi
Gigabyte GTX 590
  • Produsen: Gigabyte
  • Info: www.gigabyte.com
  • Harga: US$ 820 (per 29 April 2011)
  • Distributor Indonesia: PT Nusantara Jaya Teknologi
  • Telepon: (021) 6018218
DATA TEKNIS
  • Chip: NVIDIA GTX 590
  • Interface: PCI Express 2.0 x16
  • Memory Size: 3072 MB
  • Core Clock: 607 MHz
  • Shader Clock: 1215 MHz
  • Memory Clock: 3414 MHz
  • Stream Prosesor: 2x 512
  • D-Sub Output: Ada (dengan Konverter DVI to D-Sub)
  • DVI Output: Ada (3 buah)
  • HDMI Output: Tidak Ada
  • Display Port Output: Ada (mini-Display Port)
  • Memory Type: GDDR5
  • Memory Interface: 384-bit
  • Perlengkapan: User’s Manual & Multilingual Installation Guide, Warranty Card, Driver Disc, 2x Molex to 8-pin power converter, mini-Display Port to Full-size Display Port display converter, DVI to D-Sub display converter, Gigabyte M8000X gaming mouse, Mouse User’s Manual, Mouse Driver Disc, Mouse Feet 1 set, dan Mouse Weights Storage.





0 comments:

Post a Comment