.

Friday, March 9, 2012

ANTIVIRUS NORTON

Review Norton Internet Security 2012



Tugas berat bagi Symantec untuk membuat produk yang lebih baik dibanding Norton Internet Security (NIS) 2011, mengingat versi ini berhasil menerima banyak pujian dari analis dan konsumen. Melalui NIS 2012, tugas tersebut dicoba untuk ditunaikan. 
Masih seperti versi sebelumnya, proses instalasi NIS 2012 berjalan dengan simpel. Kami hanya butuh satu klik untuk memulai, tanpa macam-macam pilihan. Akan tetapi, durasi instalasi berjalan lebih lama dibanding NIS 2011. Dalam catatan kami, perlu menunggu sekitar 3 menit sebelum aplikasi benar-benar beroperasi (instalasi NIS 2011 hanya 1 menit 10 detik).
Kami menganggap antarmuka NIS 2011 oke, tapi ternyata Symantec memilih untuk menyederhanakan lagi tampilan jendela awal NIS 2012. Tidak ada lagi menu-menu yang bisa disetel. Sekarang, cuma ada tiga pilihan fungsi utama: Scan, Update, dan Advanced. Rupanya, setelan menu “disembunyikan” di balik menu Advanced. Keputusan ini kami nilai tepat karena mengakomodasi pengguna yang awam komputer, dengan tetap tidak melupakan pengguna tingkat lanjut.
Seperti paket aplikasi Internet Security pada umumnya, NIS 2012 menawarkan banyak fungsi pengamanan yang lengkap. Mulai dari antivirus, anti-spyware, anti-phishing, sampai anti-spam. Tersedia pula fasilitas parental control berbasis web melalui Norton Online Family.
Ada dua feature anyar yang diberikan NIS 2012, yaitu Norton Management (platform berbasis cloud untuk mengelola PC dan ponsel yang telah dipasang produk Norton) dan Bandwidth Management (setelan supaya NIS hanya mengunduh update produk dan signature virus yang sangat penting, berguna bagi pengguna modem 3G).
Bagaimana performa NIS 2012? Quick Scan dapat diselesaikan dalam waktu 12 menit. Catatan yang cukup lama memang, tapi NIS mampu menemukan 68 tracking cookies yang tertanam di sistem. Sementara itu, Full  Scan dituntaskan dalam waktu sekitar 2 jam. Selama proses ini, kinerja sistem sedikit terasa terganggu. Sebagai informasi, dalam pengujian ini, kami memakai notebook Core i3-380M, memori DDR3 1GB, dan besar data 94GB.
Untuk pemindaian selanjutnya, durasi agak berkurang karena metode Application Ratings yang diterapkan. Pada pemindaian perdana, Norton menandai berkas-berkas yang aman. Pada kesempatan berikutnya, berkas-berkas tersebut bisa langsung dilewati. Walhasil, Norton tinggal memeriksa aplikasi-aplikasi lain yang belum terpercaya.
Supaya lebih melindungi sistem dari malware asing, Norton memperbaharui teknologi SONAR 4.0 dengan Policy Enforcement. Kebijakan ini mampu mendeteksi proses berbahaya berdasarkan profil karakteristik umum yang disarikan analis Norton dari malware-malware yang berkeliaran di dunia maya.
(Erry FP)
****
Secara umum, bagi kami NIS 2012 berhasil memberikan pengalaman yang  sama menyenangkannya dengan NIS 2011. Perbaikan feature di sana-sini menjadi nilai tambah, terutama bagi pengguna awam yang mungkin bakal lebih menyukai antarmuka sederhana di versi ini.

Spesifikasi Norton Internet Security 2012
Lisensi
Rp320.000 (1 user) / Rp450.000 (3 user)
Situs
Pengembang
Symantec
Sistem Operasi
Windows XP/Vista/7


Update Penting Saja
Pengguna NIS 2012 yang berinternet memakai koneksi modem 3G pasti senang dengan feature Bandwidth Management ini. Pasalnya, kita bisa mengatur supaya NIS tidak terlalu sering mengunduh update yang berpotensi menghabiskan kuota paket data. Cukup update yang penting saja.  

Norton Safe Web
Norton Safe Web berguna untuk mendeteksi situs-situs hasil pencarian di Google yang dianggap aman atau berbahaya, ditandai dengan ikon berwarna hijau, kelabu, oranye, atau merah. Di NIS 2012, toolbar ini telah mendukung Google Chrome, selain IE dan Firefox.  

Amankan Facebook
Selain pilihan standar Quick, Full System, dan Custom Scan, NIS 2012 kini telah terintegrasi dengan layanan pemindaian dinding dan news feed Facebook. Aplikasi ini mendeteksi tautan-tautan malware dan phishing yang mungkin dikirimkan ke akun Facebook kita.

Plus     : Perubahan tampilan menjadi lebih simpel; Perbaikan di berbagai feature (Safe Web, Online Backup, Identity Safe, System Insight); Hemat memori
Minus : Parental control hanya bisa diatur lewat web; Harga lebih mahal dibanding kompetitor

0 comments:

Post a Comment